Masjid Terunik Di Dunia Yang Banyak Menarik Para Wisatawan

Masjid sebagai tempat ibadah seringkali akan dibangun dengan ukuran yang besar serta arsitektur megah. Namun, tak jarang masjid juga akan dibuat dengan keunikan tersendiri. Bentuk hingga pemilihan warna yang tak biasa membuat masjid terunik di dunia ini menjadi tujuan wisata religi yang berbeda dari yang lain. Berikut adalah deretan masjid-masjid unik yang ada di dunia.

7 Masjid Terunik di Dunia Yang Takkan Kita Temukan di Tempat Lain

  1. Masjid Niujie

masjid terunik

Pertama ada Masjid Niujie yang merupakan masjid paling tua serta paling besar di Beijing, Tiongkok. Masjid berdiri di atas sebuah lahan yang luasnya 6000 meter persegi. Lokasi tepatnya ada di Distrik Xicheng, Beijing barat. Keunikan dari masjid ini terutama adalah dari segi eksterior bangunan yang tampak seperti gaya Tiongkok zaman dulu. Gaya ini semakin indah saat dipadukan bersama kaligrafi Al Quran.

 

  1. Masjid Dimaukom

masjid terunik

Di Filipina, terdapat sebuah masjid yang warna catnya pink sehingga membuatnya sangat unik dan berbeda dari masjid kebanyakan. Letaknya ada di Maguindanao. Mulai dari gerbang, dinding hingga kubah semuanya menggunakan warna pink. Pembangunanya didanai walikota bernama Samsudin Dimaukom, sehingga disebut juga sebagai Masjid Dimaukom. Warna pink sendiri dipilih karena merupakan warna favorit dari istri walikota.

 

  1. Masjid An-Nurumi

Indonesia juga memiliki bangunan masjid uniknya tersendiri. Namanya adalah Masjid An-Nurumi yang berlokasi di Sleman. Nama lain masjid ini adalah Masjid Kremlin. Di mana letak keunikannya? Ternyata, bangunan masjid mirip dengan katedral St. Basil yang ada di Rusia. Namun, dengan kubah yang berwarna-warni, seringkali masjid ini disebut juga sebagai Masjid Permen.

 

  1. Masjid Shanke Yadem

Masjid terunik di dunia selanjutnya datang dari Turki. Namanya adalah Shanke Yadem yang memiliki arti “saya sudah makan”. Keunikan masjid ini bukan pada bangunannya yang megah maupun artistik. Justru masjid ini  hanya terdiri dari pagar segi empat serta dua buah menara pada sisi kiri kanannya. Yang membuatnya luar biasa adalah usaha dari sang pendiri, Khairuddin Affandi, yang rela tidak membeli makan hanya agar bisa mendirikan sebuah masjid.

 

  1. Masjid Al-Mulk

masjid terunik

Masjid Al-Mulk berada di Iran dan keindahannya sangat terlihat karena dipenuhi kaca patri aneka warna. Adanya kaca ini akan turut memantulkan cahaya sehingga terlihat seperti pelangi. Keindahan masjid ternyata tak hanya pada kaca patri itu. Kita juga bisa melihat selasar masjid dengan material batu bata warna krem serta kubah dengan gaya Timur Tengah.

 

  1. Masjid Al-Bidiya

masjid terunik

Nama masjid ini sama seperti nama daerah tempatnya berdiri, yaitu Al-Bidiya di Uni Emirat Arab. Bentuk serta ukurannya terbilang unik karena termasuk kecil dan mungil. Lahan tempatnya berdiri hanya seluas 53 m persegi saja. Material pembuatannya juga sederhana yaitu batu bata, batu dan plester.

 

  1. Masjid Dhai Seedhi Ki

masjid terunik

Masjid Dhai Seedhi Ki disebut-sebut sebagai masjid paling kecil yang ada di dunia. Letaknya ada di Bhopal, India. Pada awal pembangunannya, masjid ini hanya digunakan untuk saat-saat darurat selama proses pembangunan benteng. Nama lain yang populer untuk masjid ini adalah Masjid Dua Setengah Langkah.

Itulah tujuh masjid terunik di dunia karena ukurannya, warnanya hingga arsitekturnya. Keunikan dari masjid-masjid tersebut menjadikannya sebagai objek wisata religi yang harus kita kunjungi karena tak akan dapat kita temukan di tempat lain di dunia.

Leave a Reply