Masjid Tertua Yang Ada Di Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penganut Islam terbesar di dunia tentunya memiliki sejumlah masjid bersejarah. Termasuk di antaranya adalah masjid-masjid yang sudah berusia sangat tua hingga ratusan bahkan ribuan tahun. Masjid tertua di Indonesia ini juga seringkali dijadikan sebagai tujuan wisata religi. Nilai sejarah dan keindahan masjid menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Berikut adalah sejumlah masjid yang pertama kali ada di Indonesia.

5 Masjid Tertua di Indonesia Yang Bisa Jadi Tujuan Wisata Religi

  1. Masjid Saka Tunggal

masjid tertua

Masjid Saka Tunggal berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Masjid ini telah dibangun pada 1288. Informasi tahun pembangunan terdapat pada Guru Saka atau pilar utama yang ada dalam masjid. Proses pembangunannya sendiri tertulis pada buku karya Kyai Mustolih selaku pendiri masjid. Masjid yang terletak kira-kira 30 km dari pusat kota Purwokerto, Jawa Tengah ini dinamai Saka Tunggal karena terdapat satu tiang atau saka di bagian tengahnya. Saka Tunggal menggambarkan keesaan Allah.

 

  1. Masjid Wapauwe

masjid tertua

Masjid yang dibangun pada 1414 ini masih terawat dengan baik hingga kini dan berada di Kota Maluku. Pada masa lampau, Masjid Wapauwe merupakan pusat bagi penyebaran agama Islam yang dilakukan di Kota Maluku. Nama asli dari masjid ini adalah Wawane karena pembangunan dilakukan di kaki Gunung Wawane. Pemrakarsa pembangunan masjid ialah Jamilu yang masih merupakan keturunan dari Kesultanan Islam Jailolo di Maluku Utara. Kedatangan awal Jamilu ialah pada 1400 Masehi guna mengembangkan agama Islam di daerah sekitar Wawane, termasuk Wawane, Assen, Tehala, Atetu serta Nuhukaly. Ukuran masjid ini hanya 10 m x 10 m dan ditambah serami ukuran 6 x 7 m. Bangunan masjid berbentuk empat bujur sangkar serta konstruksinya tidak menggunakan paku maupun pasak kayu.

 

  1. Masjid Ampel

masjid tertua

Masjid kuno satu ini ada di Surabaya, Jawa Timur. Sesuai namanya, pendiri Masjid Ampel adalah Sunan Ampel. Lokasinya juga berdekatan dengan makam Sunan Ampel. Hingga kini, Masjid Ampel masih jadi tujuan wisata religi yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Masjid yang dibangun pada tahun 1421 Masehi ini juga dikelilingi bangunan dengan arsitektur Arab serta Tiongkok.

 

  1. Masjid Agung Demak

Dibangun pada 1474, Masjid Agung Demak tercatat sebagai salah satu bangunan masjid tertua di Indonesia. Letaknya ada di Kauman, Demak, provinsi Jawa Tengah. Konon, Masjid Agung Demak adalah tempat berkumpulnya Wali Songo selaku penyebar agama Islam di Jawa. Bahkan, kesembilan wali tersebut melakukan musyawarah di masjid ini guna membahas penyebaran Islam di seluruh Indonesia. Pendiri masjid ini ialah Raden Patah di zaman Kesultanan Demak, sekitar abad 15 Masehi.

 

  1. Masjid Sultan Suriansyah

masjid tertua

Di Kalimantan Selatan juga terdapat salah satu masjid paling tua di Indonesia, yaitu Masjid Sultan Suriansyah yang dibangun pada 1526. Letak persisnya ada di Kota Banjarmasin yang dulunya adalah ibukota dari Kesultanan Banjar. Masjid ini sendiri memiliki gaya bangunan yang khas dari Banjar, di mana mihrab memiliki atap terpisah dari bangunan utamanya.

Itulah lima masjid tertua di Indonesia. Kelimanya menyimpan sejarah serta keunikannya masing-masing. Tidak heran jika kelima masjid tersebut seringkali menjadi tujuan wisata religi. Kita bisa menikmati keindahan arsitektur masjid sembari mempelajari bagaimana dulunya perkembangan Islam di daerah tersebut. Wisata religi di masjid tertua ini bisa jadi pilihan untuk habiskan akhir pekan.

Leave a Reply