Masjid Tertua di Dunia Yang Memiliki Banyak Kesan Sejarah Nabi

Masjid tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah semata. Beberapa masjid yang memiliki nilai sejarah serta keindahan tersendiri akan turut digunakan sebagai tempat wisata. Apalagi deretan masjid tertua di dunia di bawah ini sudah pasti akan jadi incaran wisatawan. Bagaimana tidak, masjid-masjid ini telah berdiri selama ratusan bahkan ribuan tahun. Sudah pasti ada nilai sejarah yang tak dapat ditemukan di tempat lain. Selain itu, masjid-masjid berikut juga terkenal akan arsitekturnya yang begitu megah.

7 Masjid Tertua di Dunia Yang Wajib Sobat Ketahui

 

  1. Masjid Quba

masjid tertua di dunia

Masjid tertua di dunia yang pertama adalah Masjid Quba. Masjid ini merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassalam di awal masa peradaban Islam. Tanggal pembangunan masjid tepatnya adalah 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah. Lokasi Masjid Quba ini sendiri hanya 5 km di sebelah tenggara Madinah. Awalnya masjid ini hanya dibangun menggunakan bahan-bahan seadanya. Namun kini, renovasi telah dilakukan berkali-kali termasuk renovasi besar-besaran yang dilakukan pada 1986, membuat Masjid Quba tampak begitu indah dan mewah.

 

  1. Masjid al-Nabawi

masjid tertua di dunia

Masjid satu ini juga terletak di Kota Madinah serta dibangun juga oleh Rasulullah dalam perjalanan hijrah yang dilakukan beliau dari Mekkah ke Madinah. Lokasi masjid awalnya adalah pada sebuah tempat yang digunakan untuk menjemur kurma. Masjid ini juga digunakan sebagai makam Rasulullah bersama para sahabatnya.

 

  1. Masjid al-Qiblatain

Letak masjid ini adalah di Kota Madinah dan awalnya merupakan tempat di mana Rasulullah memimpin doa. Masjid yang awalnya bernama Bani Salamah ini baru saja direnovasi dan lokasi tepatnya ada di tepi jalan yang menuju ke arah Universitas Madinah.

 

  1. Jawatha Mosque

Masjid Jawatha berada 12 km ke arah tmur laut Hofuf di Al-Ahsa, Arab Saudi. Sebagian besar dari struktur bangunannya sudah berupa reruntuhan karena masjid ini sudah sangat tua dan dibangun pertama kali di timur Saudi. Akan tetapi, masjid Jawatha masih tetap digunakan hingga saat ini. Pembangunannya sendiri dilakukan pada tahun ketujuh hijrahnya bani Abdul Qudis . Masjid ini juga menjadi situs ketiga tersuci bagi umat Islam.

 

  1. Masjid al-Haram

Masjid ini adalah yang terbesar dan tersuci yang ada di dunia. Terdapat total 9 menara yang dapat kita lihat pada bangunannya. Masjid al-Haram atau biasa disebut juga Masjidil Haram telah mengalami berkali-kali renovasi, termasuk pelebaran area sehingga dapat memuat lebih banyak jamaah. Di sini juga terdapat Ka’bah yang tiap tahunnya selalu dikunjungi jutaan peziarah guna menunaikan ibadah Haji.

 

  1. Great Mosque of Kufa

Masjid Agung Kufa berada di Kota Kufah, Irak. Bangunannya sendiri kira-kira sudah berdiri sejak abad ke-7. Masjid ini juga tercatat sebagai salah satu masjid yang didirikan pada awal penyebaran agama Islam.

 

  1. Mosque of Uqba

masjid tertua di dunia

Di daratan Afrika, ada Masjid Uqba yang sering juga disebut Masjid Agung Kairouan. Masjid Uqba juga menjadi salah satu dari beberapa masjid paling penting yang berdiri di negara Tunisia, Afrika.

Demikian adalah daftar tujuh masjid tertua di dunia. Ketujuh masjid tersebut tentu menyimpan sejarahnya masing-masing dan juga keindahan yang tiada duanya. Kita dapat mengunjungi masjid-masjid tersebut untuk tujuan wisata religi. Terutama untuk masjid-masjid yang ada di Arab Saudi biasanya akan dikunjungi oleh umat Islam yang menunaikan ibadah haji maupun umroh.

Leave a Reply