Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Masjid ialah tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid juga seringkali digunakan sebagai tempat musyawarah, pembelajaran, perlindungan hingga pusat kebudayaan. Masjid tak lepas dari budaya yang melingkupi masyarakat Muslim terutama di Asia Tenggara. Mengingat Asia Tenggara adalah kawasan yang populasi Muslimnya sangat banyak, maka tidak heran jika kita akan menemukan banyak masjid berukuran besar di wilayah ini. Berikut adalah daftar masjid terbesar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

6 Masjid Terbesar di Asia Tenggara Berkapasitas Ratusan Ribu Jamaah

  1. Masjid Istiqlal (Indonesia)

Masjid yang dibangun pada 1978 ini total dapat menampung hingga 200.000 jamaah sehingga menjadi masjid paling besar di kawasan Asia Tenggara. Jika diukur dari luas area  termasuk bangunan dan lahannya, Masjid Istiqlal juga adalah masjid terbesar nomor empat di dunia dengan total luas lahan 95.000 meter persegi. Peresmian masjid ini dilakukan sebagai salah satu bentuk peringatan akan kemerdekaan Indonesia. Nama Istiqlal sendiri artinya adalah kemerdekaan dalam bahasa Arab.

 

  1. Masjid Sultan Hassanal Bolkiah (Filipina)

masjid terbesar di asia tenggara

Masjid terbesar di Filipina ini berlokasi di Cotabato City. Peresmiannya dilakukan pada 2011 dan dibangun atas sumbangan dana dari Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah. Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan masjid ini mencapai USD 48 juta. Masjid Hassanal Bolkiah dibangun dengan tujuan untuk membantu masyarakat Muslim yang sudah mulai berkembang di Filipina Selatan.

 

  1. Masjid Agung Surabaya (Indonesia)

Masjid Agung Surabaya atau Masjid Nasional Al Akbar yang diresmikan pada 2000 lalu dapat menampung hingga 59.000 jamaah. Masjid sendiri berdiri di atas lahan seluas 18.800 meter persegi. Di menara masjid juga terdapat sebuah lift yang dapat digunakan oleh masyarakat umum guna menikmati keindahan pemandangan Kota Surabaya dari ketinggian, terutama pada malam hari.

 

  1. Masjid Islamic Center Samarinda (Indonesia)

masjid terbesar di asia tenggara

Satu lagi masjid terbesar di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Kali ini adalah Islamic Center Samarinda yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur. Luas areanya mencapai 43.500 meter persegi serta dapat menampung sampai dengan 40.000 orang jamaah. Lahan masjid awalnya ialah lahan pemotongan kayu dari PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan pada Pemprov Kaltim.

 

  1. Masjid Agung Baiturrahman (Indonesia)

masjid terbesar di asia tenggara

Masjid Agung Baiturrahman yang ada di Aceh ini mendadak jadi bahan perbincangan kala bencana tsunami menyapu tanah Serambi Mekkah pada 2004 silam. Pasalnya, masjid ini tetap berdiri kokoh walau bangunan lain di sekitarnya tersapu gelombang dari lautan. Masjid Agung Baiturrahman sendiri dibangun pada 1881 serta dapat menampung hingga total 30.000 jamaah. Kini, Masjid Agung Baiturrahman turut menjadi ikon kebanggaan dari Aceh.

 

  1. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin (Malaysia)

masjid terbesar di asia tenggara

Sebutan lain yang terkenal untuk masjid ini adalah Masjid Besi. Letaknya ada di Putrajaya, Malaysia. Masjid berdiri di atas lahan seluas 73.795 meter persegi serta bisa menampung sampai dengan 34.000 orang di dalamnya. Peresmian masjid dilakukan pada 2009.

Demikian daftar masjid terbesar di Asia Tenggara. Tiga dari enam masjid terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara ternyata berasal dari Indonesia. Hal ini sebenarnya tak mengherankan mengingat status negara kita sebagai negara dengan populasi umat Islam terbanyak di dunia. Dengan kapasitas yang dapat mencapai hingga ratusan ribu jamaah, tak heran jika masjid-masjid tersebut tak sekedar sebagai tempat ibadah namun juga digunakan untuk berbagai acara penting lainnya.

Leave a Reply