Masjid Sejarah Islam Indonesia Yang Masih digunakan Sampai Saat Ini

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki umat Islam terbanyak di dunia, tentu saja tidak akan bisa terlepas dengan sejarah masuknya Islam itu sendiri di Indonesia. Banyak ragam budaya, tata cara kehidupan hingga tempat beribadah yang masih berkaitan dengan sejarah masuknya Islam di negara Indonesia. Seperti masjid, banyak sekali masjid yang dibangun pada masa lalu dan masih digunakan sampai dengan saat ini.

Masjid ini selalu memiliki berbagai desain yang unik dan menarik untuk dijadikan sebagai rumah ibadah atau juga dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan wisata religi. Bahkan hampir disetiap kota yang ada di Indonesia memiliki masjid-masjid yang dahulunya digunakan sebagai lokasi syiar oleh para tokoh-tokoh Islam yang ada di Indonesia. Dan berikut adalah nama serta sejarah singkat dari masjid sejarah Islam Indonesia yang masih dipergunakan hingga sampai dengan saat ini.

  1. Masjid Wapauwe

masjid sejarah Islam Indonesia

Masjid yang pertama adalah masjid tertua yang berada di wilayah Maluku tepatnya Kaitetu. Masjid Wapauwe ini didirikan di tahun 1414 Masehi oleh seorang Perdana Jamilu, yakni salah seorang keturunan kesultanan Islam Jailolo, Maluku Utara. Perdana Jamilu sendiri adalah salah seorang penyebar agama Islam di Maluku yang sangatlah berpengaruh. Dirinya sendiri melallang buana untuk melakukan syiar Islam ke sejumlah tempat sebanyak lima negeri yang diantaranya adalah Assen, Wawane, Tehala, Atetu, juga Nukuhaly.

  1. Masjid Sultan Suriansyah

masjid sejarah Islam Indonesia

Masjid yang berlokasikan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu masjid sejarah Islam Indonesia yang hingga sampai dengan saat ini masih digunakan. Masjid ini sendiri didirikan oleh raja Banjar pertama yang telah memeluk agama Islam. Dirinya adalah Sultan Suriansyah. Sultan Suriansyah sebagai seorang raja Banjar yang memeluk agama Islam pertama membangun masjid ini pada tahun 1526 dan menyelesaikan pembangunannya pada tahun 1550. Masjid ini sendiri pada awal mulanya difungsikan sebagai lokasi ibadah sekaligus syiar perkembangan agama Islam di Banjarmasin.

  1. Masjid Bingkudu

masjid sejarah Islam Indonesia

Masjid yang ketiga yang masih merupakan saksi sejarah syiar Islam di Indonesia adalah masjid Bingkudu yang lokasinya berada di kabupaten Agam, Sumatera Barat. Selain menjadi saksi sejarah syiar Islam, masjid ini juga menjadi saksi sejarah terjadinya perang Padri pada tahun 1823 di Sumatera Barat. Masjid ini sendiri didirikan oleh kaum Padri pada masanya dengan menggunakan bahan material kayu untuk keseluruhan bangunannya.

  1. Masjid Ikhsaniyyah

masjid sejarah Islam Indonesia

Masjid yang keempat adalah masji yang didirikan di Jambi pada tahun 1880 oleh habib Sayyid Idrus bin Hasan Al-Jufri, yakni masjid Ikhsaniyyah. Masjid ini juga termasuk ke dalam kategori masjid sejarah Islam Indonesia karena pada masa kepemimpinan sang habib, masjid ini dibangun untuk bisa memberikan tempat kepada seluruh warga seberang kota Jambi agar dapat melaksanakaan ibadah. Pada masa kepemimpinan Sayyid sendiri sebagai sultan, seluruh masyarakat yang berada di kota Jambi telah memeluk agama Islam secara keseluruhan.

Itulah beberapa masjid dengan lokasi beserta sejarahnya dari masa silam sampai dengan saat ini, yang masih digunakan baik sebagai lokasi ibadah masyarakat sekitar juga sebagai lokasi syiar penyebaran agama Islam di Indonesia.

Leave a Reply