Masjid Bergaya China Yang Dibangun Di Indonesia

Lintas budaya memang tidak pernah memandang tempat. Hal ini dibuktikan dengan beragam hal, dari mulai kegiatan atau tradisi sampai dengan bangunan. Termasuk di Indonesia ini, banyak sekali ragam hal dari masa lalu yang dikembangkan atau dibangun dengan menggunakan budaya dari negara lain. Dan salah satu contoh lintas budaya ini adalah dengan dibangunnya masjid bergaya China yang ada di Indonesia.

Ada beberapa bangunan masjid yang notabene merupakan bangunan ibadah umat Islam yang dibangun dengan menggunakan desain atau gaya arsitek khas China di Indonesia ini. Berikut adalah beberapa bangunan masjid yang menggunakan desain arsitektur khas China yang ada di Indonesia.

  1. Masjid Cheng Ho Surabaya

masjid bergaya China

Masjid Cheng Ho ini merupakan sebuah masjid yang dibangun padaa tahun 2001 yang lalu. Belokasikan di Genteng, Surabaya, masjid dengan nama lain Masjid Muhammad Cheng Ho ini dibangun dengan gaya desain arsitektur khas Tionghoa China. Jika dilihat secara sekilas, masjid ini dari luaran nampak seperti kelenteng atau rumah ibadah yang biasa digunakan oleh orang-orang China. Dari segi hiasannya saja, masjid Cheng Ho ini sangat kental dengan nuasa bergaya Tiongkok pada masa lalu.

Para pengunjung yang akan memasuki lokasi dari masjid Cheng Ho Surabaya ini akan disambut dengan sebuah pintu masuk yang bertuliskan asma Allah pada bagian atas. Dari segi bentuk atapnya, masjid ini hampir terlihat seperti bangunan China yakni Pagoda dengan tiga tingkat sampai puncaknya. Selain itu, ada juga sebuah ornamen bergambar naga khas China pada bagian luaran dari masjid ini yang sangat indah.

  1. Masjid Cheng Ho Pasuruan

masjid bergaya China

Masjid bergaya China yang kedua adalah masji Cheng Ho yang terdapat di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Seperti yang diketahui sendiri, nama dari masjid ini sama dengan nama dai masjid bernuansa China yang berada di Surabaya. Hal ini juga sangatlah dipengaruhi dengan salah seorang laksamana yang berasal dari China beragama Islam yang pernah mendarat di Indonesia yakni Laksamana Cheng Ho. Karena Cheng Ho merupakan salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di Indonesia pada masanya. Oleh karena itulah banyak masjid bernuansa Tiongkok, China yang ada di Indonesia bernamakan masjid Cheng Ho.

Dengan desain bernuansa Chinanya, masjid ini pada saat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja, melainkan juga digunakan sebagai lokasi wisata religi bagi para pengunjung, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Masjid ini menggunakan warna merah, kuning serta hijau yang dikombinasikan sehingga sangat melekatkan nuansa khas China dan Islam pada masjid ini.

Itulah beberapa masjid bergaya China yang dibangun dan dapat dikunjungi sampai dengan saat ini di Indonesia. Selain juga masih banyak masjid dengan desain atau gaya lintas budaya yang berada di Indonesia ini.

Leave a Reply