Masjid Berdesain Khas Jawa Yang Ada Di Indonesia

Masjid yang merupakan tempat untuk beribadah bagi umat Islam selalu memiliki desain arsitektur yang indah, megah dan terkadang juga unik. Desain-desain bangunan dari masjid yang ada di seluruh dunia termasuk di Indonesia dihasilkan oleh pemikiran-pemikiran para arsitekturnya. Dan berikut adalah beberapa masjid berdesain khas Jawa yang ada dan dibangun di Indonesia.

  1. Masjid Soko Tunggal

masjid berdesain khas Jawa

Masjid Soko Tunggal merupakan sebuah bangunan masjid yang berdiri di daerah istimewa Yogyakarta. Nama dari masjid ini sendiri memiliki artian dalam bahasa Indonesia yakni satu pilar. Nah, menariknya artian satu pilar tersebut bukan hanya nama saja, melainkan pada bangunan aslinya pun, masjid Soko Tunggal berdiri dengan adanya satu pilar utama pada bagian tengah yang digunakan untuk menyokong atap dari masjid ini.

Selain menggunakan satu tiang utama berukuran 50 x 50 yang meopang bagian atap, masjid ini juga memiliki empat tiang berukuran kecil yang berada di sekitaran tiang utama. Jika keseluruhan tiang disatukan maka akan berarti dasar negara Indonesia yakni Pancasila. Selain menggunakan satu tiang utama, desain unik khas jawa juga tersematkan pada masjid ini. Masjid yang diarsiteki oleh R. Ngabehi Mintobudoyo ini dibangun pada tahun 1967 masehi.

  1. Masjid Agung Kraton Surakarta

masjid berdesain khas Jawa

Masjid berdesain khas Jawa berikutnya adalah masjid Agung Kraton Surakarta. Masjid ini sebelum Indonesia mendapatkan kemerdekaan secara kokoh merupakan masjid yang dimiliki oleh pihak keratin atau kerajaan Surakarta Hadiningrat. Pada masa silam, masjid ini sendiri juga digunakan untuk syiar Islam kepada seluruh warga dari kerajaan. Masjid yang dibangun pada tahun 1763 ini menggunakan gaya arsitektur Jawa yang bertema tajug.

Nuansa khas Jawa hadir kedalam masjid ini melalui desain arsitekturnya di setiap sudut dari bangunan. Seperti pada bagian atapnya, masjid agung Kraton Surakarta menggunakan atap tumpang tiga yang memiliki pemuncak yang disebut dengan mustaka atau mahkota dalam bahasa Indonesia. Selain itu, para pengunjung masjid ini akan disuguhi dengan beragam bangunan dengan budaya khas Jawa kketika masuk ke dalam komplek dari masjid aagung Kraton Surakarta Hadiningrat.

  1. Masjid Menara Kudus

masjid berdesain khas Jawa

Masjid ini pada awal pembangunannya adalah pada tahun 1549 masehi silam. Bangunan awal dari masjid ini sendiri merupakan bangunan dengan tema asristektur Jawa, yakni tajug. Lokasi dari masjid ini sendiri adalah di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Yang menjadikan masjid ini unik dan memiliki nuansa Jawa adalah dengan adanya sebuah bangunan menara besar pada bagian depan yang berbentuk hampir seperti candi.

Dari segi bagunannya sendiri, masjid ini memiliki kombinasi yang sangat khas dari budaya Hindu, Budha, Jawa dan Islam. Hal ini dapat dilihat juga dari desain bangunan majid yang menggunakan atap tumpang tiga. Seperti kalayak bangunan-bangunan masjid lainnya yang ada di seluruh tanah Jawa. Dan itulah beberapa masjid berdesain khas Jawa yang berada di Indonesia dan masih digunakan sampai dengan saat ini.

Leave a Reply