Daftar Masjid Warisan UNESCO Yang Tersebar Di Seluruh Dunia

UNESCO adalah organisasi yang dibentuk oleh PBB dan digunakan sebagai organisasi untuk melindungi berbagai macam warisan budaya di dunia. Salah satu bentuk perlindungan tersebut adalah terhadap beragam bangunan-bangunan bersejarah dan bernilai di sesluruh penjuru dunia. Dari berbagai bangunan yang ada di dunia, tempat ibadah umat Islam yakni masjid juga banyak yang masuk dan ditetapkan untuk menjadi warisan dunia di bawah payung UNESCO. Berikut adalah beberapa  masjid di dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

  1. Masjid Damaskus Atau Masjid Agung Umayyah

masjid warisan UNESCO

Masjid ini dibangun di kota lama Damaskus, Suriah. Dalam sejarah peradaban Islam, masjid Damaskus merupakan tempat suci nomer 4 yang dipercayai oleh umat Islam di seluruh dunia. Berdasarkan sejarahnya, masjid Damaskus ini didirikan oleh khalifah Islam Al-Walid bin Abdul-Malik.

Masjid ini dibangun pada tahun 706 sampai dengan 715 masehi. Bahan material yang digunakan untuk membangun masjid ini adalah berupa batu, marmer, tegel dan juga mosaik. Yang menjadi ciri khas dari masjid warisan UNESCO ini ditetapkan menjadi warisan dunia setelah terpecahnya perang yang terjadi di Suriah.

  1. Masjid Aleppo

masjid warisan UNESCO

Masjid warisan UNESCO yang kedua adalah masjid Aleppo yang berlokasikan di kota Aleppo, Suriah. Masjid ini termasuk kedalam salah satu masjid terbesar di Aleppo, Suriah. Pembangunan masjid ini sendiri dilakukan pada abad ke 8 lalu. Masjid ini juga memiliki satu menara yang dibangun pada tahun 1090 silam. Berdasarkan desainnya, masjid ini masih mirip dengan masjid Damaskus.

Berdasarkan perjalanan sejarahnya masjid ini sendiri telah berulang kali mengalami kehancuran dan dilakukan pembangunan kembali. Setelah peperangan saudara yang terjadi di Suriah dan menghancurkan menara dari masjid Aleppo ini pada tahun 2013, pada akhirnya masjid Aleppo ditetapkan sebagai warisan dunia yang dilindungi oleh organisasi PBB, UNESCO.

3.Masjid Selimiye

masjid warisan UNESCO

Masjid warisan UNESCO  yang ketiga adalah masjid Selimiye yang terletak di provinsi Edirne negara Turki. Masjid ini dibangun pada tahun 1568 dan diselesaikan pada tahun 1574. Pembangunan dari masjid ini sendiri diperintah langsung oleh Sultan Selim II. Sementara untuk desain arsitektur yang digunakan untuk masjid ini dikomandoi oleh Mimar Sinan. Masjid ini memiliki ciri khas empat menaranya di bagian sudut-sudut dari masjid yang menjulang tinggi. Memiliki jam jadwal sholat yang sudah modern dan mampu memanjakan setiap jama’ah yang datang, sehingga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi orang yang datang ke masjid ini.

Berdasarkan desain eksterior dan juga interiornya, terdapat banyak sekali ciri khas yang diantaranya adalah kubah-kubah kecil yang dibangun untuk desainnya. Selain itu, kubah-kubah berbentuk setengah, juga merupakan salah satu ciri khas dari masjid kekaisaran Utsmani ini. Masjid ini pun ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO  pada tahun 2011 yang lalu.

Itulah 3 masjid yang pada saat ini telah masuk ke dalam daftar warisan dunia yang telah diresmikan dan dilindungi oleh perusahaan PBB, UNESCO.

Leave a Reply