Beberapa Masjid Terindah Yang Berada Di Benua Eropa

Masjid selain digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Islam di seluruh dunia, juga memiliki berbagai macam fungsi lainnya seperti tempat untuk melaksanakan pendidikan agama, pusat ekonomi, dan dalam sejarahnya juga, masjid pernah dijadikan sebagai lokasi untuk tata kenegaraan. Selain beberapa fungsi tersebut, ada beberapa masjid juga yang dibangun karena adanya unsur penghargaan ataupun juga sekadar penyaluran seni arsitektur yang dilakukan oleh arsitektur dan pemilik bangunanya.

Seperti pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat mencirikan bangunan tersebut merupakan bangunan masjid. Diantara hal-hal tersebut adalah dibangunnya menara, kubah dan juga ruangan untuk melakukan shalat. Mengenai desain dan bahan material yang digunakan pun juga sangatlah beragam, bergantung dengan para arsitektur yang menangani proses pembangunannya. Selain di jazirah Arab yang jelas banyak sekali bangunan masjid dengan desain konsep unik, megah, mewah ataupun juga enak dipandang. Terdapat juga bangunan masjid terindah yang lokasi dibangunnya di luaran dari jazirah Arab itu sendiri.

Seperti contoh adalah beberapa masjid yang dibangun di benua Eropa memiliki nilai estetika dan juga seni yang teramat tinggi. Tidak hanya sekedar dibangun untuk tempat beribadah, melainkan dibangun secara detail agar menjadikan masjid tersebut menarik untuk dikunjungi oleh siapapun dari seluruh dunia. Di Eropa sendiri terdapat dua masji dengan desain indah yang siap didatangi baik sebagai lokasi untuk melakukan ibadah wajib umat Islam ataupun juga dikunjungi sebagai lokasi wisata religi.

Dan berikut adalah dua masjid di benua Eropa yang dibangun dengan keindahan seni yang dicurahkan oleh arsitekturnya

  1. Masjid Lala Mustafa Pasha

masjid terindah

Masjid terindah di benua Eropa yang pertama adalah masjid Lala Mustafa Pasha. Seperti nama yang dinisbatkan kepada masjid ini, masjid ini merupakan bangunan katedral pada masanya yang telah direnovasi oleh Lala Mustafa Pasha  setelah memenangkan pertempuran dan berhasil menguasai Famagusta di tahun 1571 silam. Tak khayal kenapa masjid ini jika dipandang secara sekilas pada saat ini akan sangat nampak seperti bangunan katedral. Sampai dengan saat ini, setelah beberapa kali mengalami kerusakan dan juga renovasi, ada beberapa bangunan masjid yang telah hilang dan tidak sesuai dengan kondisi awalnya.

  1. Masjid Saint Petersburg Rusia

masjid terindah

Masjid terindah yang kedua adalah masjid Saint Petersburg yang terletak di negara Rusia. Masjid ini mulai resmi digunakan pada tahiun 1913. Dan pada tahun itu jugalah, masjid ini menjadi bangunan ibadah umat Islam terbesar yang berada di seantero benua Eropa. Masjid Saint Petersburg sendiri dapat menampung sebanyak 5.000 jamaah sekaligus. Bangunan masjid ini sendiri dibangun untuk dapat digunakan sekiranya sebanyak 20 juta orang muslim yang pada saat ini tinggal di negara Rusia. Masjid ini dibangun pada awalnya sebagai penghargaan yang diberikan  kepada emir kota jalur sutra Bukhara. Dimana jalur sutra ini sendiri masjih masuk kedalam teritori dari negara Rusia.

Itulah kedua masjid terbesar dan juga terindah yang ada di Eropa dan masih digunakan sampai dengan saat ini. Kedua masjid ini penuh dengan sejarah panjang terkait dengan umat Islam yang ada di benua Eropa.

 

Leave a Reply