Beberapa Daftar Masjid Peradaban Islam Jawa

Tanah jawa adalah salah satu tanah di Indonesia yang lengkap dengan sejarah peradaban syiar islamnya. Terutama dengan munculnya tokoh-tokoh Islam di tanah jawa, menjadikan tanah Jawa ini lengkap dengan berbagai peninggalan peradaban Islam yang disebarkan oleh para tokoh-tokoh Islam dan beserta bangunan-bangunannya yang dibangun. Terutama adalah masjid yang merupakan salah satu lokasi syiar yang digunakan oleh para tokoh Islam Indonesia pada masa lalu.

Ada beberapa daftar nama masjid yang merupakan peninggalan dari para tokoh Islam tanah Jawa beserta sejarah dibangunnya untuk mengembangkan agama Islam di tanah Jawa. Berikut adalah beberapa daftar masjid peradaban islam jawa yang dibangun pada dan oleh para tokoh syiar Islam Tanah Jawa.

Berikut Ini Adalah Masjid Peradaban Islam Jawa Yang Masih Berdiri Hingga Saat Ini

  1. Masjid Agung Demak

masjid peradaban islam jawa

Masjid agung Demak adalah masjid yang dibangun pada tahun 1479 masehi oleh raja pertama yang berasal dari Kesultanan Demak yakni Raden Patah. Radeh Patah sendiri juga merupakan salah satu sunan yang terkenal dengan banyak ajaran dan juga syiar Islamnya di tanah Jawa. Masjid yang dibangun oleh Raden Patah ini juga memiliki filosofi dari segi bangunannya yang menyimbolkan pilar kehidupan yaitu Iman, Islam dan juga Ihsan.

  1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

masjid peradaban islam jawa

Masjid yang kedua adalah masjid agung Cirebon. Masjid ini dibangun dan diarsiteki oleh Sunan Kalijaga pada abad ke 15. Salah satu hal yang menjadikan masjid ini begitu unik dalam tatanan bangunan masjid di tanah Jawa adalah cara pengumandangan azannya, dimana pada masjid agung Cirebon ini disetiap hari Jumatnya selalu dikumandangkan azan oleh tujuh orang muazin sekaligus. Hal ini merupakan tradisi yang sudah berlangsung dari jaman dimana masjid ini baru mulai digunakan.

  1. Masjid Astana Mantingan

masjid peradaban islam jawa

Masjid peradaban Islam Jawa berikutnya adalah masjid Astana Mantingan. Masjid ini berlokasikan di Mantingan, Jepara, Jawa Tengah. Dengan menggunakan gaya arsitektur berbentuk tajug, masjid ini diselesaikan pembangunannya pada tahun 1559 silam. Dengan arsitek jasa pasang karpet terbaik pada zaman dahulunya, masjid ini menjadi sebuah tempat yang begitu nyaman dan elegan. Untuk saat ini masjid ini digunakaan untuk tempat berwisata religi berikut juga digunakan sebagai tempat untuk ibadah oleh masyarakat disekitarnya. Masjid Astana Mantingan dibangun oleh Raden Toyib yang berasal dari Aceh. Dirinya juga merupakan Sultan dan adipati Jepara pada masa itu.

  1. Masjid Agung Sunan Ampel

masjid peradaban islam jawa

Masjid yang keempat adalah masjid agung Sunan Ampel yang didirikan di kota Surabaya, Jawa Timur. Seperti namanya, masjid ini dibangun oleh salah satu sunan terkemuka di tanah Jawa yakni Sunan Ampel. Masjid ini dibangun pada tahun 1421 masehi. Pada saat itu Sunan Ampel yang bernama lain Raden Mohammad Ali Rahmatullah membangun masjid ini bersama dengan kedua orang sahabatnya yakni mbah Sholeh serta Mbah Sonhaji.

Selain membangun masjid ini, Sunan Ampel yang merupakan salah satu tokoh walisongo juga membangun pondok pesantren Ampel yang sampai dengan saat ini masih digunakan. Masjid agung Sunan Ampel sendiri dibangun dengan menggunakan desain khas Jawa yang dipadukan dengan desain bernuansa Arab. Itulah beberapa masjid peradaban islam jawa yang tidak hanya digunakan pada masa silam, tapi juga pada masa saat ini. Masjid-masjid ini juga digunakan sebagai lokasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para peziarah atau wisatawan lokal dan juga internasional.

Leave a Reply