3 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Malang Jawa Timur

Dari namanya saja, masjid yang berada di kota Malang Jawa Timur satu ini begitu mengundang banyak perhatian masyarakat. Benar saja, bangunan rumah ibadah umat islam ini tidak dibangun dengan desain arsitektur yang ringan-ringan saja. Bangunan dengan ketinggian hingga 10 lantai ini pada lingkup lingkungan pondok pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Karena keunikan dari setiap bangunan yang dibangun, bangunan yang berada di dalam lingkup pondok pesantren ini lambat laut dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik asing maupun lokal.

Asal muasal nama Tiban sendiri adalah dari warga masyarakat sekitar yang mempercayai mitos baha masjid ini tidak dikerjakan oleh manusia, melainkan oleh jin. Namun, ada fakta menarik apa sih sebenarnnya di dalam kompleks masjid tiban ini? Berikut dalam artikel ini akan membahas 3 fakta menarik yang perlu diketahui mengenai masjid yang dijadikan sebagai tempata wisata ini. Di daerah malang juga banyak pusat kebutuhan masjid yang berlimpah, banyak para arsitek dari berbagai wilayah yang mencari desain masjid yang modern dan memiliki bangunan menarik. Tentu dengan sebuah bangunan yang nyaman, maka para jemaah akan betah dan bisa dengan khusyuk beribadah dengan baik.

Berikut Fakta Tentang Masjid Tiban Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Masjid Bergaya Timur Tengah

masjid tiban

Fakta pertama dari masjid yang bernama lain Turen ini adalah gaya desain arsitekturnya yang berbeda dengan kebanyakan masjid yang dibangun di Indonesia. Masjid Turen ini menggunakan desain bergaya Timur Tengah. Menurut penjelasan yang ada terkait desain arsitektur ini, dikatakan bahwa sang pemilik pondok pesantren yakni KH. Achmad Baru Mafdloludin Sholeh adalah orang yang menggagas desain yang digunakan pada masjid ini. Gambaran tentang pembangunan masjid ini terpampang saat sang pemilik menjalankan sholat istikharah.

  1. Masjid Dengan waktu Pembangunan Terlama

masjid tiban

Bagaimana tidak, fakta menyebutkan bahwa masjid yang satu ini mengawali proses pembangunannya pada tahun 1991 yang lalu. Seiring berjalannya waktu, pembangunan pun terus dilakukan dan dilakukan hingga saat ini mencapai 9 lantai dan masih belum selesai juga. Yang menarik adalah, masjid ini tidak hanya dijadikan sebagai rumah ibadah umat islam dan juga lokasi wisata. Lantai 1 masjid tiban ini tepatnya merupakan lokasi yang telah disediakan untuk orang-orang yang ingin melakukan jual-beli pernak-pernik. Masjid ini pun juga dilengkapi dengan area satwa yang semakin menambah daya tariknya.

  1. Mitos Yang Dipercaya Terkait Masjid Turen

masjid tiban

Tidak hanya sampai disitu saja, masjid tiban ini memiliki 1000 pintu yang dibangun pada setiap areanya. Penduduk disekitaran lokasi masjid ini sangat percaya bahwa masjid Turen merupakan masjid yang dibangun oleh para penduduk bangsa jin. Padahal faktanya, masjid ini dibangun oleh para santri-santri dari pondok pesantren yang memang mendiami lingkup masjid tersebut.

Demikianlah, 3 fakta menarik terkait dengan masjid yang sampai dengan saat ini masih sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Baik itu wisatawan asing maupun juga wisatawan lokal. Untuk siapapun yang tertarik berkunjung ke masjid berlantai 10 ini, maka dapat langsung melakukan perjalanan menuju ke lokasi dari masjid ini, yakni Jl. KH. Wahid Hasyim, Gg. Anggur, No. 10, Rt 07/Rw 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Leave a Reply